Learning 2 Live

dream BIG, START small, PAY IT FORWARD

Sunday, November 20, 2005

Overture 091105

Susunan huruf ini sebenarnya tidak berarti apa-apa. Hanya saja saya, tentunya juga Anda, sejak kecil telah belajar untuk mengenal ke 26 deretan abjad yang sangat populer ini. Mulai dari bentuk, bunyi sampai cara penulisannya. Hingga akhirnya kita juga belajar untuk menyusun huruf-huruf tersebut menjadi kata yang apabila dirangkai akan menjelma jadi kalimat.

Kemudian beberapa orang pintar (tapi bukan paranormal lho-red) berbaik hati menyusunnya menjadi sebuah tulisan terstruktur. Sebagian membuatnya dalam kerangka sistematis akademis. Sesuai dengan latar keilmuannya. Sementara yang lain menuangkan hasil olah rasanya.

Hasilnya menakjubkan! Peradaban manusia berubah sangat cepat terutama sejak ditemukannya mesin cetak. Bahkan ada yang menganalogikan perubahan yang dialami umat manusia ini dengan beberapa menit terakhir saja menjelang tengah malam. Sehingga pantaslah kiranya momen penemuan mesin cetak dinobatkan sebagai salah satu tonggak sejarah penemuan terbesar sepanjang masa.

Belakangan saya sadar, ada proses panjang yang ditempuh hingga dunia bisa menjadi seperti sekarang. Secepat apapun dan sedahsyat apapun perubahan yang terjadi pasti ada titik awalnya. Dan hanya akan berhenti berbarengan dengan sang waktu selesai bergulir.

Maka ucapan terima kasih dan syukur yang tak terhingga kepada kedua orang tua dan para guru yang telah mengenalkan saya pada aktivitas membaca. Ungkapan yang sama juga tertuju kepada beberapa orang yang telah menginspirasi saya untuk benar-benar "membaca". Tanpa mereka mungkin saya masih berada dalam gua.

1 Comments:

  • At 10:12 AM , Blogger hawe said...

    Rasulullah saja sampai membutuhkan tiga kali ditegur Jibril demi menjadi sebuah inspirasi dari apa yang elo rasakan, pak.

    Dalam sebuah malam yang hening di dalam gua Hira yang dingin, Jibril mengagetkan Rasulullah dengan ucapan pendek yang keras nan tegas.

    "Iqra'!"

    Setelah membaca kita wajib menulis. Selamat!

     

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home